Jumat, 18 November 2016

Fungsi makan dan minum bagi tubuh

Makan dan minum memang sudah menjadi kewajiban dalam kehidupan sehari - hari. Dengan makan dan minum, kita bisa mempertahankan kelangsungan hidup.
Namun, ternyata tidak hanya itu saja fungsi makan dan minum. Berikut penjelasannya :
Fungsi makan bagi tubuh :
1. Sebagai sumber energi
Semua zat makanan yang dihasilkan dari sistem pencernaan akan menghasilkan energi untuk tenaga dalam melakukan aktivitas. Maka jika kita banyak melakukan aktivitas, sebaiknya kita juga harus mengatur pola makan yang seimbang.
2. Pertumbuhan Tubuh
Pertumbuhan badan setiap orang akan membutuhkan banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Rata-rata setiap manusia akan mengkonsumsi makanan sebanyak 3 kali sehari. Jadi pertumbuhan seseorang akan cepat atau lambat tergantung dari asupan nutrisi makanan.
3. Untuk Memperbaiki Jaringan Tubuh.
Jaringan tubuh yang mengalami kerusakan seperti luka akan banyak membutuhkan nutrisi makanan yang cukup besar. Nantinya semua kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsi akan membuat jaringan yang rusak kembali berfungsi kembali secara optimal.
Sumber : http://pengayaan.com/7-fungsi-makanan-bagi-tubuh-manusia/

Selain makan, kita juga pasti membutuhkan minum. Jika kita ingin minum sehat maka anda harus rajin minum air putih. Karena air putih memiliki banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat air putih :
1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Secara garis besar, fungsi cairan tubuh adalah untuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi saliva (air liur), hingga transportasi nutrisi di dalam tubuh.
Saat kekurangan cairan, otak akan mengirimkan ‘sinyal haus’ agar Anda tahu bahwa tubuh Anda membutuhkan tambahan cairan agar dapat bekerja dengan baik. So, jangan sepelekan rasa haus, karena itu dapat mempengaruhi kinerja tubuh secara keseluruhan.
2. Membantu dan mendukung fungsi ginjal
Ginjal membersihkan racun dari dalam tubuh, membantu mengontrol tekanan darah, serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh, sehingga fungsinya sangat penting dalam sistem tubuh. Bagaimana cara menjaga agar ginjal tetap bekerja dengan baik? Minumlah air putih yang cukup!
3. Mengeluarkan racun
Air merupakan pembersih racun terbaik, dengan membantu membuang racun-racun di dalam tubuh melalui keringat dan urin. Air akan memecah dan melarutkan garam dan mineral yang ada pada urin, sehingga tidak menimbulkan penyakit batu ginjal. Dengan begitu racun dari dalam tubuh bisa keluar dengan mudah, dengan warna urin jernih dan tidak berbau.

Sumber : http://www.webkesehatan.com/manfaat-minum-air-putih/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

tulisan yang mengikuti cursor

lagu

Most Recent

animasi

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Business

Flickr Widget

Facebook

Ads

Random Posts

Recent Posts

Popular Posts

Recent Posts

Strawberry On Top Of Cupcake

Unordered List

Pages

Theme Support