Sabtu, 19 November 2016

Karakteristik makanan khas

Setelah kita membahas tentang beberapa contoh makanan khas Mojokerto, kali ini saya akan menyinggung beberapa karakteristik - karekteristiknya.
1. Sate keong
Sate Keong merupakan makanan khas yang dimiliki oleh masyarakat Mojokerto, keong sendiri adalah satu jenis hewan yang bercangkang, yang banyak hidup di persawahan. Untuk mengolah menjadi sate keong yaitu dengan mengeluarkan daging keong dari cangkangnya terlebih dahulu. Jika daging keong tersebut sudah keluar dari cangkangnya maka kita dapat menusuknya dengan tusuk pada umumnya, dan menbakarnya diatas bara arang. Lalu diberi bumbu kacang sebagaimana umumnya. Dan Sate Keong lezat siap dihidangkan. Begitulah masyarakat Mojokerto mengolah keong menjadi Sate Keong.
 2. Onde - onde 
Onde-onde adalah makanan tradisional yang bentuknya bulat dimana di bagian luarnya terasa kenyal dan di dalamnya terdapat campuran kacang hijau dan gula merah. Makanan satu ini merupakan makanan tradisional yang terkenal di Indonesia dan biasanya banyak kita jumpai di pasar tradisional. Salah satunya adalah diMojokerto, Jawa Timur  yang menjadikan Onde-onde ini sebagai makanan tradisional dan oleh – oleh khas di sana.

3. Sambel wader
Sambal Wader adalah makanan tradisional yang terdiri dari ikan wader goreng dan disajikan bersama dengan sambal khusus. Ikan wader sendiri merupakan jenis ikan yang banyak hidup di sungai atau di kolam. Selain rasanya yang khas dan menggugah selera, Sambal Wader ini ternyata merupakan makanan yang cukup bersejarah karena sudah ada sejak jaman Majapahit. Sambal Wader ini merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal di Mojokerto, Jawa Timur dan menjadi salah satu makanan khas di sana.


sumber : http://www.negerikuindonesia.com/2015/08/sambal-wader-makanan-tradisional-dari.html



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

tulisan yang mengikuti cursor

lagu

Most Recent

animasi

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Business

Flickr Widget

Facebook

Ads

Random Posts

Recent Posts

Popular Posts

Recent Posts

Strawberry On Top Of Cupcake

Unordered List

Pages

Theme Support